Siap-siap! Pembelian BBM Subsidi Pakai MyPertamina Akan Diterapkan Lebih Awal di 10 Daerah Ini

- 1 Juli 2022, 07:43 WIB
Pembelian BBM bersubsidi akan menggunakan aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022.
Pembelian BBM bersubsidi akan menggunakan aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022. /Antara/Adwit B Pramono/

KLIK BANGGAI - Pemerintah berencana akan memberlakukan ketentuan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM Subsidi.

Rencananya, ada 10 daerah yang akan menjadi titik awal penerapan pembelian BBM menggunakan MyPertamina.

Sebelas daerah itu tersebera dibeberapa Provinsi di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Baca Juga: Beli BBM Pakai Aplikasi MyPertamina Banjir Sorotan, Pertamina Justru Klaim Bisa Jadi Solusi untuk.....

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, konsumen dapat mengakses laman subsiditepat.mypertamina.id dan menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk membeli BBM menggunakan MyPertamina.

Adapun dokumen yang harus disiapkan antara lain KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung.

Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokkan dengan kesesuaian persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal tujuh hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima kode QR melalui surat elektronik atau melalui notifikasi pada laman MyPertamina.

Baca Juga: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Dimulai Hari Ini, Menunggak 120 Bulan Cukup Bayar 4 Tahun

Apabila menerima notifikasi yang berbunyi adanya kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, konsumen bisa mencoba kembali melakukan pengisian data kendaraan dan identitasnya sesuai rekomendasi kekurangan yang ada.

Selain diakses dengan aplikasi MyPertamina, kode QR yang diterima juga bisa dicetak dan dibawa fisiknya ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian Pertalite dan Solar. Kode QR itu kemudian akan dicocokkan datanya oleh operator SPBU.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima kode QR, maka transaksi akan berjalan seperti biasa," kata Alfian

Baca Juga: Gawat! Inggris Ingatkan Perseteruan China dan Taiwan Bisa Berbuntut Seperti Konflik Rusia vs Ukraina

Berikut 10 daerah yang akan menjadi titik awal diberlakukannya pembelian BBM via MyPertamina sebagaimana dikutip dari Antara;

Halaman:

Editor: Laode Iman Firmansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x