Ini 7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting untuk Keluarga Muda

- 25 Desember 2022, 14:32 WIB
iLUSTRASI.
iLUSTRASI. /Unsplash/

KLIK BANGGAI - Kelahiran bayi baru lahir adalah momen yang patut dirayakan, baik bagi ibu yang baru melahirkan maupun bagi sang ayah. Meskipun begitu, ada beberapa persiapan yang juga harus dibeli untuk menyambut kelahiran bayi Anda.

Hal ini penting karena bayi baru lahir memerlukan banyak barang yang harus dibawa, apalagi ketika masih harus menginap di rumah sakit. Agar tidak salah beli atau salah bawa, Anda bisa mengacu pada perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi berusia 0-3 bulan di bawah ini!

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Beberapa orang tua baru cenderung kebingungan saat ingin memilih perlengkapan bayi baru lahir. Agar perlengkapan yang Anda beli tepat guna dan anti mubazir, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti rekomendasi daftar di bawah ini!

1.      Popok Bayi Sesuai Usia

Bayi baru lahir, umumnya, perlu berganti popok kurang lebih sebanyak 10 hingga 12 kali dalam sehatinya. Jadi, Anda perlu menghitung dan menyiapkan stok popok agar cukup selama beberapa hari agar tidak kehabisan sebelum Anda sempat membeli lagi.

Popok yang dimaksud di sini sendiri adalah popok sekali pakai sesuai usia bayi yang akan memudahkan orang tua untuk menggantinya di malam hari atau ketika sedang bepergian.

2.      Pakaian Bayi Sesuai Usia

Seperti halnya popok, Anda juga harus memberikan pakaian bayi yang sesuai dengan usianya. Usahakan untuk memilih pakaian yang terbuat dari kain yang lembut dan adem agar kulit bayi bisa bernafas dengan baik. Pilih pula pakaian yang praktis agar orang tua tidak kesulitan saat memakaikan maupun melepas pakaian bayi.

3.      Kaus Kaki, Sarung Tangan, dan Topi Bayi

Menjaga suhu badan bayi agar tetap hangat adalah hal yang penting sehingga aksesoris pelengkap seperti kaos kaki, sarung tangan, hingga topi kupluk berbahan katun perlu juga untuk disiapkan. Sarung tangan dan kaus kaki juga penting dipakaikan pada bayi yang baru lahir agar jangan sampai kulit wajahnya terluka karena kuku di jarinya.

4.      Selimut untuk Bedong

Siapkan kain atau selimut sebanyak tiga hingga empat lembar untuk digunakan sebagai bedong untuk bayi yang baru lahir. Pilihlah kain yang terbuat dari material katun tipis untuk digunakan ketika cuaca sedang panas atau di siang hari. Sementara itu gunakan kain berbahan tebal ketika udara sedang dingin atau di malam hari.

5.      Perlengkapan Kamar Tidur Bayi

Tempat untuk bayi beristirahat juga perlu didekorasi sebaik mungkin agar bayi tetap nyaman. Pilihlah tempat tidur yang nyaman untuk bayi beristirahat hingga 6 bulan pertama, misalnya kasur yang telah dipasangi dengan rangka khusus pengaman di setiap tepinya. Jangan lupa untuk memakai sprei berbahan lembut dan menggantinya secara rutin.

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Artikel Rekomendasi

Terkini