Mengejutkan! Pakar Ekonomi UGM Ungkap Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Secara Beruntun Faktor Kesengajaan

- 14 November 2021, 16:35 WIB
Penampakan Kebakaran Tangki Kilang Minyak Milik Pertamina Di Cilacap, Jawa Tengah Dari Kejauhan (ist). Pakar ekonomi UGM menyebutkan bahwa kebakaran tangki minyak secara beruntun akibat faktor kesengajaan.
Penampakan Kebakaran Tangki Kilang Minyak Milik Pertamina Di Cilacap, Jawa Tengah Dari Kejauhan (ist). Pakar ekonomi UGM menyebutkan bahwa kebakaran tangki minyak secara beruntun akibat faktor kesengajaan. /

KLIK BANGGAI - Pengamat Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmy Radhi menyebutkan kebakaran beruntun tangki di kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) dilakukan sengaja. 

Menurutnya, hal itu untuk meningkatkan kuota impor minyak Indonesian.

"Kebakaran beruntun Kilang Cilacap semakin menguatkan indikasi ada unsur kesengajaan dari pihak tertentu untuk tujuan peningkatan volume impor pasca kebakaran yang menjadi lahan pemburuan rente," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dikutip ANTARA, Minggu 14 November 2021.

Fahmy menilai kebakaran yang terjadi dalam beberapa kali mengindikasikan bahwa Pertamina abai terhadap pengamanan kilang.

Menurutnya, kebakaran itu tidak hanya meludeskan tangki penyimpanan minyak, tetapi juga mengancam keselamatan warga di sekitar area kilang.

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Bakal Lakukan Audit ke LSM, MAKI: Kalau Bersih Kenapa Takut?

"Mestinya sistem pengamanan kilang Pertamina sudah sesuai dengan standar international. Namun, tetap saja terjadi kebakaran untuk kesekian kalinya," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa insiden kebakaran itu akan memperbesar biaya impor bahan bakar minyak nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, impor minyak Indonesia tercatat sebanyak 10,57 juta barel sepanjang Januari hingga Juli 2021. Jumlah itu meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 10,33 juta barel.

Halaman:

Editor: Andi Ardin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x